Remaja, Kreatif, dan Tetap Berprestasi 1


(Tulisan fitur seorang figur ikon, Indra Cipta Putra Mandiri; oleh seorang NEB)

Remaja adalah orang muda yang berada pada masa transisi di mana mereka masih berproses mencari kesejatian dirinya. Mereka mengerjakan segala hal yang mereka sukai tanpa banyak peduli dengan konsekuensinya. Maka sebaik-baiknya remaja adalah mereka yang secara alamiah memang berada pada tahap tugas perkembangan (developmental tasks) di atas, tetapi tetap belajar keras dan melakukan hal-hal positif untuk mempersiapkan dirinya hidup di masa depan yang penuh persaingan.

Salah satu contoh remaja kategori ini adalah Indra Cipta Putra Mandiri. Ia sekarang duduk di kelas 3 SMP, atau kelas 9 SMPN 2 Padalarang. Ia sudah berprestasi dalam bidang akademis sejak kecil sampai sekarang dengan rutin mendapatkan ranking 1. Ia juga menikmati bidang model cilik pada masa kecilnya dan memenangkan beberapa perlombaan bidang ini. Ia juga sudah mengasah kemampuan Bahasa Inggrisnya sejak kecil secara otodidak di rumah dengan dilatih oleh ayahnya. Dan ini sekarang makin dimantapkan dengan ia belajar Bahasa Inggrisnya reguler di lembaga Bahasa Inggris ternama di Bandung. Di NE—NASBAT English sendiri ia menjadi ikon program Bahasa Inggris remaja lembaga http://nasbat-english.com/testimoni/. Hobinya sekarang adalah IT, utamanya membuat animasi dan game.

Beberapa kegiatan akademisnya adalah mewakili sekolahnya (waktu itu masih RSBI) SMPN 2 Padalarang untuk mengikuti program pertukaran siswa ke sekolah serupa (RSBI) SMPN 5 Yogyakarta tanggal 15 – 20 Oktober 2012, kemudian mengikuti program pembekalan Science Camp 2013 di Lembang tanggal 22 – 24 Oktober 2012, dan selanjutnya dengan rekannya Azmie Naufal Akmal memenangkan tempat ke-3 dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat SMP Nasional 2013 oleh Kemendikbud di Bali.

Di bidang kemampuan Bahasa Inggris, waktu kelas 5 SD, ia sudah melakukan presentasi oral dengan powerpoint slides tentang topik kesukaannya dinosaurus di depan siswa tingkat paling tinggi high-intermediate 4. Dan presentasi ini sudah di-DVD-kan agar gampang dianalisa dari aspek pemerolehan bahasa (language acquisition) atau lainnya bagi siapapun yang berminat dengan cara menghubungi lembaga. Ia juga mengikuti lomba storytelling dengan mengambil topik asal-muasal nama pulau ‘Bangka’ yang dibuat kreatif-inovatif http://nasbat-english.com/2012/05/%E2%80%9Cmoney-bro%E2%80%9D/. Ia baru saja memperoleh skor TOEFL(R) 567 tanpa persiapan sebelumnya hanya mengandalkan kemampuan mutakhirnya dan pengetahuan konten topik yang ia baca. Barangkali dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya yang lebih banyak diperoleh (acquired) daripada dipelajari (learned) pada masa kritis (critical period) belajar bahasanya, Bahasa Inggrisnya lebih kedengaran alami dengan aspek-aspek bahasanya seperti lafal, tatabahasa, kosakata, dll. yang tetap sempurna. Sekarang ia memantapkan kemampuan bercakap-cakapnya dengan ‘dicemplungkan’ (immersed) ke dalam kelas percakapan yang normalnya hanya berisi mahasiswa dan karyawan.

Dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya, ia gampang mengutak-ngatik program komputer dll. dalam hobi IT-nya sehingga ia dapat membuat animasi yang ia sukai dengan segala fitur dan figur yang ia ciptakan sendiri. Setelah itu katanya ia ingin melakukan hal yang lain lagi, dan itu adalah membuat game. Alih-alih bermain game yang orang lain ciptakan, ia ingin membuat game yang temannya dan orang lain bisa mainkan.

Sehubungan dengan pembelajaran dan penggunaan Bahasa Inggris, satu point penting adalah bahwa anak lebih diuntungkan kalau belajar Bahasa Inggrisnya sedari kecil, apalagi dengan lingkungan rumah yang mendukung, misalnya dengan penggunaan Bahasa Inggris sehari-hari dengan orang tuanya, Bahasa Inggris formal waktu diskusi materi pelajarannya, dan fasilitas pendukung seperti ketersediaan beragam buku Bahasa Inggris, CD, DVD, dan langganan TV kabel untuk program-program pendidikan dan hiburan. Selain itu, ini juga mengindikasikan bahwa orang tua juga bisa belajar Bahasa Inggris untuk kemudian dapat menggunakannya dengan anak-anak di rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *