Jangan Terkecoh Dengan Tawaran Belajar Bahasa Inggris (Hanya) ‘Online’


(Posting tentang belajar Bahasa Inggris (hanya) ‘online’ yang ramai dibahas; oleh seorang NEB)

Di zaman teknologi informasi (TI) seperti sekarang, mesti diakui memang banyak hal merangkak berpindah ‘online’: komunikasi, forum diskusi, seminar jarak jauh, belanja, mencari teman, mencari pacar, mencari jodoh, berjualan, dan belajar. Untuk sekarang ini, kita berfokus pada yang disebut terakhir, yaitu belajar—dalam hal ini—belajar Bahasa Inggris (hanya) ‘online’. Jangan terkecoh. Ada puluhan bahkan ratusan malah ribuan jasa pengajaran Bahasa Inggris ‘online’ yang ditawarkan kepada siapa saja yang disinyalir lebih banyak menghabiskan waktunya ‘online’ atau sendiri untuk mampu dan mau belajar seperti ini. Pada akhirnya ternyata yang ditawarkan adalah belajar lebih lanjut sendiri dalam bentuk belajar mandiri mendengarkan kaset atau CD atau CD interaktif yang memang sudah dibuat lihai dan keren oleh tim mereka yang semuanya melek TI dengan segala perangkatnya.

Belajar seperti ini tentu tidak salah tapi banyak minusnya. Yang sering dilupakan pengguna akhir (end user) adalah bahwa belajar seperti ini hanyalah belajar mandiri tambahan, bukan utama. Belajar Bahasa Inggris menghendaki interaksi langsung dengan tutor dan pembelajar lain lewat forum kelas atau sejabanya. Tutornya haruslah instruktur mumpuni yang tampil secara fisik dan tidak bersembunyi lewat suara dan wajah polesan yang dimunculkan non-interaktif lewat CD sekalipun CD interaktif. Ini mesti dilakukan habis-habisan dahulu, baru kemudian diteruskan dengan belajar mandiri dalam bentuk apa saja yang keren sekarang terutama sumber ‘online’ dalam bentuk ‘chatting’, percakapan di medsos, forum diskusi, CD interaktif yang diunduh, menonton video Youtube, dll.

Belajar Bahasa Inggris yang tidak memberikan kesempatan interaksi langsung utama dengan manusia lain adalah kesia-siaan. Ia hanya akan efektif difungsikan sebagai belajar tambahan mandiri. Lembaga kami NE—NASBAT English, misalnya, mengedepankan belajar Bahasa Inggris langsung tatap muka dengan materi yang dipersiapkan sempurna dalam bentuk modul ditambah buku komersial mengikuti kebutuhan pembelajar. Ini kemudian diajarkan, dilatih, dan dibimbing oleh instruktur mumpuni dengan pengalaman teruji yang lulus dari perguruan tinggi ternama. Proses pembelajaran tetap memanfaatkan dengan sebaik-baiknya semua sumber ‘online’ yang sangat kaya dan diberikan gratis dan tinggal dipilih mana yang paling cocok dengan pengajaran dan pembelajaran yang sedang dilakukan. Bergabunglah dengan NE—NASBAT English yang masuk dalam pencarian tempat belajar Bahasa Inggris di Padalarang http://www.learnenglishcourses.net/english-courses-in.php?city=Padalarang&country=Indonesia&cd=ID 🙂

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *