Tiga (3) Tahap Penting Dalam Mengajar Bahasa Inggris


(Posting tentang tahapan penting dalam mengajar Bahasa Inggris; oleh seorang NEB)

Apa pun kurikulumnya, silabusnya, materinya, dan rencana pengajarannya—dulu dan sekarang, tiga  tahap penting dalam mengajar Bahasa Inggris yang harus selalu ada dirumuskan dalam tiga (3) P atau ‘pepepra’ berikut:

1. Pengajaran, yaitu tahap di mana guru harus menjelaskan materi belajar kepada siswa. Ini akan menguji kapasitas dan kredibilitasnya sebagai guru. Sesuai perkembangan zaman, yang tentu harus diperhatikan adalah cara (manner) dan metoda (method) mengajarkan materinya. Guru tidak harus menguliahi saja; ia dapat melibatkan siswa sehingga pengajarannya mengedepankan komunikasi dua (2) arah (guru-siswa dan siswa-siswa) dan tiga (3) arah (guru-siswa-siswa dan siswa-siswa-guru). Ia dapat menggunakan segala alat pengajaran (teaching aids) sesuai yang dapat disediakan. Ia dapat menggunakan Powerpoint slide, fasilitas multimedia, atau sumber online.

2. Pemodelan, yaitu tahap di mana guru memberikan contoh dari apa yang ia ajarkan. Ini dapat berupa dialog, teks, atau potongan video atau film yang mengekspos bahasa atau ekspresi yang diajarkan. Pada tahap ini siswa tetap dapat dilibatkan dengan mereka berpikir, menganalisa, menyimpulkan apa yang mereka lihat. Siswa juga dapat dipasangkan dengan siswa lainnya dalam dialog atau kegiatan tukar peran. Guru mengomentari dan menambahkan informasi tentang lafal, irama, aksen, dll. terkait yang perlu.

3. Praktek, yaitu tahap di mana siswa berkegiatan menggunakan apa yang mereka pelajari dalam pelajaran sesi itu. Kegiatan ini harus lebih banyak menampilkan interaksi siswa dengan siswa (student-student interaction). Guru mengawasi dan meyakinkan bahwa siswa melakukan apa yang harus mereka lakukan. Bantuan yang diperlukan dapat diberikan. Guru menarik diri dari (refrain from) banyak bicara dan menjelaskan. Kegiatan untuk tahap ini jadinya tentunya harus benar-benar dipersiapkan dengan matang sebelumnya oleh guru.

Demikianlah; selamat mengajar 🙂

Acuan ide:

Suherdi, D. (2011, June). ARTS: Seni Memutus Mata Rantai Potret Buram Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah. Pidato pengukuhan sebagai guru besar dalam bidang ilmu pengajaran Bahasa Inggris pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni UPI.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.