Bahasa Inggris dan Mata Pelajaran Lain


(Nukilan Pidato Pengukuhan Prof. Dr. H. Didi Suherdi, M.Ed sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengajaran Bahasa Inggris pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia; diposting oleh seorang NEB)

Penguasaan bahasa Inggris juga diharapkan dapat membantu para pelajar kita dalam memperkuat penguasaan dan pengembangan mata pelajaran lain. Dengan kemampuan bahasa Inggrisnya, para siswa diharapkan dapat mengakses bahan bacaan citizenship, democracy, dan government systems dari berbagai situs internet dan sumber referensi lainnya untuk mengembangkan penguasaan mereka terhadap bahan ajar PKn.

Begitu pun dengan bahan ajar-bahan ajar mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biology, dan mata pelajaran-mata pelajaran lain. Sekolah yang memiliki siswa yang menguasai bahasa Inggris dengan baik dapat berharap para siswanya memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan sekolah yang bahasa Inggris para siswanya kurang berkembang.

Dengan bantuan ICT di sekolah atau rumah para siswa, para guru mata pelajaran lain akan menyaksikan keindahan akademik. Mereka akan menemukan tulisan-tulisan siswa yang berkembang, dilandasi referensi yang luas dan relevan serta organisasi tulisan yang berterima (Nadkarni, 2010; Harris, 2010).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.