Pelatihan Berpikir dalam Pembelajaran Bahasa Inggris


(Posting tentang pelatihan berpikir dalam pembelajaran Bahasa Inggris; oleh seorang NEB)

Keterampilan berpikir (thinking skills) adalah penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Ini tidak hanya dalam membahas topik tertentu dalam kegiatan diskusi—misalnya, tapi juga dalam mempelajari pola dan aturan Bahasa Inggris itu sendiri. Ini sebaiknya mengadopsi tahapan kognisi dalam Taksonomi Bloom (Bloom’s Taxonomy) terutama aplikasi, analisa, sintesa, dan evaluasi.

Satu kegiatan yang baik dilakukan untuk melatih keterampilan berpikir siswa dalam mempelajari pola dan aturan Bahasa Inggris adalah pelatihan berpikir (thinking coaching). Ini bisa diterapkan secara fun dengan memberikan siswa beberapa petunjuk atau kalimat petunjuk yang memberikan pola tertentu, kemudian siswa diberikan pertanyaan yang jawabannya menggunakan pola yang mereka amati tadi.

Satu contoh yang bisa diberikan di sini adalah:

Students love playing.

Students don’t want to write.

The teacher asks them (to write).

The teacher encourages it.

Kemudian pertanyaan yang diberikan adalah: Now, how do you say ‘Guru itu mendorong menulis’?

Guru bisa melihat apakah siswa memperhatikan kesejajaran antara love dengan encourages, antara playing, it, kata benda, objek, dan ‘menulis’ yang ditanyakan. Dengan begini, jawaban yang diharapkan adalah The teacher encourages writing. Kalau jawaban mereka salah seperti The teacher encourages to write, di sinilah guru mengambil peran untuk menjelaskan martabat dan hakekat playing, it, kata benda, objek, dan ‘menulis’—dipertentangkan dengan to write.

Puluhan aspek dan ekspresi penting Bahasa Inggris dapat diajarkan dengan cara begini untuk merangsang siswa berpikir, menganalisa, melihat pola, dan menyimpulkan aturannya. Guru harus kreatif menyiapkan puluhan bahkan ratusan petunjuk atau kalimat petunjuk untuk mengajarkan berbagai aspek dan ekspresi penting tadi https://www.facebook.com/206766160456/photos/a.10153318487505457.1073741825.206766160456/10160249293555457/?type=3&theater.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.