Semua Kata Bisa Menjadi Kata Benda


(Posting tentang semua kata yang bisa berfungsi sebagai kata benda; oleh seorang NEB)

Ada 3 jenis kata penting dalam (belajar) Bahasa Inggris: kata benda (Noun—N), kata kerja (Verb—V), dan kata sifat (Adjective—Adj). Kata keterangan (Adverb—Adv) tidak dianggap terlalu penting karena ia umumnya dibentuk dengan menambahkan akhiran –ly saja kepada kata sifat.

Dalam konteks secara khusus, semua kata dari semua jenis kata di atas dapat menjadi atau berfungsi sebagai kata benda dan mengambil posisi dan peran subjek, objek, dan pelengkap karena secara filosofis setiap yang mempunyai eksistensi baik konkrit maupun abstrak adalah benda; maka setiap kata yang tentu memiliki eksistensi dapat menjadi atau berfungsi sebagai kata benda. Penjelasan seperti ini tidak akan didapatkan dari buku grammar (prescriptive linguistics, prescriptive grammar), tapi diperoleh dari penggunaannya dalam konteks (descriptive linguistics, descriptive grammar).

Contoh-contoh yang dapat diberikan di sini adalah: small is beautiful; eat is a verb; quickly is fast; I love painstakingly; your is a possessive adjective; I like make ends meet; to err is human. Kalau kita memasukkan kata-kata itu ke dalam konteks, mereka secara terbatas dapat menerima kata ganti milik (possessive adjective); ini untuk membuktikan bahwa mereka dapat bertingkah laku selayaknya kata benda. Perhatikan dialog contoh berikut antara guru (T) dan siswa (S) di kelas membaca (reading):

T: OK, you’ve read the text. Now, pick up words you think you’ve never heard of before.

S: Painstakingly.

T: Good. I love painstakingly. Your painstakingly is a smart choice. More?

S: Make ends meet.

T: Right. I like making ends meet ahahaha, so, yes, I like make ends meet. I appreciate your make ends meet. Anymore?

Dapat dilihat bahwa painstakingly yang kata keterangan diperlakukan sebagai kata benda dengan eksistensinya sehingga ia dapat menjadi objek dan menerima kata ganti milik yang perlu (love painstakingly, your painstakingly). Kemudian make ends meet pun diperlakukan sama (like make ends meet, like your make ends meet—bandingkan ini dengan like making ends meet).

Namun dalam konteks secara umum, hanya gerund (kata benda dari kata kerja yang diberi akhiran –ing) lah yang dapat berfungsi sebagai kata benda utuh; bahkan ia merupakan kata benda utuh. Ia menjadi subjek, objek, dan pelengkap dan ia menerima kata ganti milik yang diperlukan. Contoh-contoh yang dapat diberikan di sini adalah: car, your car, being, your being kind, your not telling me, your partisanship, your non-partisanship. Kalau kita menggunakan kata-kata itu dalam konteks kalimat, kita mendapatkan: I love your brand new car. You know that being kind is a virtue. Your being kind lending it to me is highly valued 😉

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.